Mengkonsumsi Ikan Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi ikan secara rutin sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengurangi risiko berbagai macam penyakit serta gangguan kesehatan lainnya.


Mengkonsumsi ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh | Ikan termasuk makanan yang rendah lemak, tinggi protein dan merupakan sumber asam lemak omega 3 (lemak baik). Karena tubuh manusia jarang mendapatkan nutrisi penting ini dalam jumlah besar, maka ikan merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan juga rendah lemak ‘buruk’ atau disebut asam lemak omega-6, di mana kandungan ini sering ditemukan dalam daging merah.

Kandungan nutrisi ikan
Asam lemak Omega-3
Vitamin : D dan B2 (riboflavin).
Kalsium
Fosfor
Mineral : zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

Tingginya kandungan yang terdapat dalam ikan, tentunya menghasilkan banyak ragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia terutama untuk mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti :
Cegah Terjadinya Penyakit Jantung

Manfaat pertama dari konsumsi ikan adalah mencegah terjadinya penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, suku bangsa Eskimo yang bertempat tinggal di Greenland memiliki prevalensi dari penderita penyakit jantung yang sangat rendah. Hal serupa juga terjadi di Jepang, disana jarang sekali ditemukan orang yang menderita penyakit jan­tung koroner. Apakah yang menyebabkan semua itu terjadi? Rahasianya sederhana saja, orang Eskimo dan orang Jepang suka sekali makan ikan.
Pencegahan Penyakit Kolesterol

Seseorang yang rentan terkena penyakit jantung koroner adalah orang yang memiliki kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Namun, ancaman dari penyakit kolesterol tidak akan terjadi jika rutin mengkonsumsi ikan. Manfaat minyak ikan (cold liver) yang ada di dalam ikan, mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega 3.
Mengatasi Masalah Pencernaan

Protein pada ikan berbeda dengan protein yang ada pada manfaat daging lainnya seperti daging sapi, ayam, atau kambing. Serat pada protein ikan hanya memiliki rantai penyusun protein yang pendek, Sehingga penyerapan lebih cepat dan lebih mudah. Tentu saja ini tidak memberatkan kinerja pada usus halus, sehingga dapat membantu proses pencernaan.
Menurunkan Resiko Penyakit Degeneratif

Fungsi lainya dari asam lemak omega 3 adalah membantu untuk menurunkan resiko penyakit degeneratif. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan kanker. Selain menggunakan omega 3, kandungan mineral selenium mampu membantu metabolisme tubuh. Manfaat antioksidan di dalamnya juga dipercaya untuk mengatasi masalah penyakit degeneratif.

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang timbul di usia tua, misalnya jantung koroner. Penyebabnya adalah karena kolestrol yang tidak terkontrol. Ikan laut memiliki kolestrol yang lebih rendah dari daging seperti iga, gajih, dan kerang. Namun lebih tinggi dari ikan tawar. Selain itu, jantung koroner biasanya berimplikasi pada tekanan darah (hipertensi). Sehingga masalah hipertensi juga harus diselesaikan dahulu. Asam lemak omega 3 mampu mengikat lemak jenuh dengan baik. Sehingga mengurangi resiko untuk terkena penyakit degenerative tersebut.
Mencegah Penyakit Gondok

Kandungan ikan laut yang cukup tinggi adalah yodium. Manfaat yodium sendiri baik untuk mencegah penyakit gondok. Bahkan garam yang pembuatanya berasal dari penyubliman laut, dinamai dengan garam beryodium.
Mencegah Penuaan Prematur

Penuaan prematur adalah suatu keadaan yang membuat orang lain terlihat lebih tua dari pada usia aslinya. Ini akibat jaringan kulit yang tidak elastis. Salah satu zat makro molekul yang paling berperan fungsinya adalah manfaat vitamin E. Dalam kasus INI, kinerja vitamin E akan lebih optimal jika dibantu oleh Selenium, Sehingga membantu elastisitas jaringan tubuh.
Ingin pintar? makan ikan. Tips pintar dengan konsumsi ikan:

-Biasakan makan ikan sejak menyusui
-Berikan anak ikan secara rutin
-Ikan tim (bukan digoreng lebih banyak nutrisinya
-Konsumsi ikan segar, pilih ikan yang tidak terkontaminasi.

Nah itulah seputar khasiat ikan untuk kesehatan tubuh anda. Tidak ada salahnya anda untuk mencoba mulai mengkonsumsi ikan sejak dini sehingga manfaatnya akan langsung terasa di kemudian hari.