Anda Kesulitan, Kesusahan, Kesedihan, dan Duka Cita. Ini Solusinya!


TERLUPAKAN jika hidup di dunia ini ada tingkatannya, ada tahap dan prosesnya. Terkadang kita merasa bahwa hidup di dunia ini, penuh dengan kebahagiaan hingga selamanya kita ingin kekal abdi. Tetapi sebaliknya, jika kita dilanda kemalangan, sungguh ingin cepat mengakhiri hidup ini dengan segala cara. Karena kita berpikir bahwa kematian ialah solusi terbaik.

Ketahuilah sesunggunnya Allah SWT memberikan kita masalah di sertai solusinya. Jangan pernah menyerah dari rahmatNya. Lantas, bagaimana jika kita dilanda kesulitan, kesusahan, kesedihan, dan duka cita?

Allah SWT pasti telah memberikan solsui atas masalah itu, melalui kekasihnya Rasulullah SAW. sebagaimana hadis berikut:

Dari Ibnu Abbas RA, “Bahwasanya Nabi Muhammad SAW ketika sedang mangalami kesusahan beliau berdoa: ‘Tiada sesembahan kecuali Allah Yang Mahaagung lagi Mahamurah hati. Tiada sesembahakn kecuali Allah Pemelihara ‘Arsy yang agung. Tiada sesembahan kecuali Allah, Pemelihara langit, Pemelihara bumi, Pemelihara ‘Arsy yang mulia,” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Dari Abu Hurairah Ra, “Bahwasanya apabila ada sesuatu perkara yang menjadikan Nabi Muhammad SAW bersedih hati, beliau mengangkat kepala ke langit, lalu berdoa: ‘Mahasuci Allah Yang Mahaagung.’ Apabila beliau bersungguh-sungguh dalam berdoa beliau berucap: ‘Wahai Dzat Yang Mahahidup! Wahai Dzat Yang Terus-menerus Mangurus (makhlukNya)!’,” (HR At-Tirmizi).

Dari Ummu Salamah RA, istri Nabi Muhammad SAW, dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Tiada seorang hamba pun yang ditimpa musibah, lalu dia berdoa: ‘Seungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepadaNya, wahai Allah berilah pahala kepadaku dalam maslahku ini dan gantilah sesuatu yang lebih baik daripadanya,’ kecuali Allah pasti akan menggajar musibahnya dan menggantikan untuknya sesuatu yang lebih baik daripada sebelumnya’,” (HR Muslim).

Jika kita mengalami kesulitan, kesusahan, kesedihan, dan duka cita, maka ingatlah! Masih ada Allah SWT Pemilik kerajaan di langit dan bumi. Masih ada Allah SWT Maha mendengar atas keluh kesah kita. Masih ada Allah SWT Maha pengasih. Jangan pernah putus asa dari rahmatNya.