Ceker Ayam itu Terkesan Jorok tapi Sebenarnya Bisa membuat tubuhmu Kebal Loh!

Buat yang suka jijik makan ceker atau kaki ayam, kalian harus singkirkan dulu pikiran tersebut dan mulai mengulik dulu apa manfaatnya. Pasalnya, makan ceker ayam ternyata nggak bikin kepala tengek kayak lagu Doel Sumbang, tapi justru bikin tubuh makin kebal dan jauh dari kanker.


Ini penjelasannya!

Ya, meskipun ceker ayam berkesan jorok karena semasa hidup mereka akrab sama tanah dan kotoran buat mencari makan, ternyata dibalik itu tersembunyi berbagai manfaat yang mungkin jika orang-orang mengetahuinya terutama yang nggak suka mengonsumsi ceker akan bakal berfikir ulang.

Manfaat dan nutrisi yang terkandung dalam ceker itu hampir sama dengan kandungan yang ada pada sirip ikan hiu lho! Yang terakhir bahkan dilarang!

Nah, salah satu kandungan bermanfaat yang terkandung pada sirip ikan hiu adalah kartilago atau tulang rawan yang diyakini mampu memperbaiki kekebalan tubuh dan berguna mencegah kanker. Pada ceker ayam tersebut juga banyak mengandung kartilago untuk melapisi persendian kita biar kokoh, bro!

Kesehatan Kulit, bro!

Dilansir dari citizendaily.com, manfaat lain mengonsumsi ceker ayam adalah juga untuk kesehatan kulit. Pasalnya, ceker ayam mengandung kolagen yang berfungsi mengencangkan dan menghaluskan kulit termasuk kulit pada bagian wajah.

Wih! Selain bermanfaat bagi kesehatan kulit, ternyata ceker juga bisa dijadikan MP-ASI alias makanan pendamping asi, ini buat balita aja karena Kolagen yang terkandung dalam ceker ayam tadi bermanfaat untuk membantu pertumbuhan anak balita dan penguatan tulangnya.

Oh ya, selain manfaat kartilago serta kolagen pada ceker ayam di atas juga masih banyak kandungan zat pada ceker ayam yang tentunya mempunyai manfaat untuk kita diantaranya: zat kapur dan sejumlah mineral yang baik dikonsumsi tubuh, khususnya bagi penderita rematik. Dianjurkan sih untuk rutin mengkonsumsinya, tuh!

Zat lain dalam ceker ayam adalah zat hydroxyapatite yaitu salah satu makanan untuk tulang, di sana ada kalsium dan teman-temannya, karena itu mengkomsumsi ceker ayam dapat memelihara kekuatan tulang, mencegah osteoporosis juga menjaga elastisitas kulit.