Skabies


Skabies penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu / tungau / mite (Sarcoptes scabei). Kutu ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Penyakit Scabies ini juga mudah menular dari manusia ke manusia , dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Scabies mudah menyebar baik secara langsung melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, seprei, handuk, bantal, air yang masih terdapat kutu Sarcoptesnya.

Gejala Penyakit Scabies ditandai dengan rasa gatal yang sangat pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, selangkangan. Rasa gatal ini menyebabkan penderita scabies menggaruk kulit bahkan bisa menimbulkan luka dan infeksi yang berbau anyir. Rasa gatal tersebut akibat kaki sarcoptes dibawah kulit yang bergerak membuat lubang dibawah permukaan kulit.

Penyebab Penyakit Scabies adalah kondisi kebersihan yang kurang terjaga, sanitasi yang buruk, kurang gizi, dan kondisi ruangan terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari secara langsung. Penyakit kulit scabies menular dengan cepat pada suatu komunitas yang tinggal bersama sehingga dalam pengobatannya harus dilakukan secara serentak dan menyeluruh pada semua orang dan lingkungan pada komunitas yang terserang scabies, karena apabila dilakukan pengobatan secara individual maka akan mudah tertular kembali penyakit scabies.

Pengobatan skabies memang dengan mengoleskan krim permetrin 5% seluruh tubuh dari leher ke bawah, selama semalam lalu basuh hingga bersih. Pengobatan ini biasanya diulang setelah 1 minggu. Untuk mengurangi gatal dapat dipergunakan pula antihistamin seperti CTM. Hal lain yang perlu dilakukan adalah merendam pakaian, seprei dan selimut yang dipakai ke dalam air panas untuk membunuh tungau yang ada dan mencegah infeksi berulang.

Apakah telah berselang 1 minggu penggunaan permetrin 5% pada Anda dan keluarga? Apakah Anda telah merendam pakaian, sprei dan selimut dengan air panas? Kami sarankan Anda kembali mengunjungi dokter Anda untuk pemeriksaan ulang dan tata laksana lanjutan karena Krim permetrin 5% yang biasa digunakan untuk mengatasi skabies merupakan obat yang hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.

Berikut ini kami sertakan artikel yang kami miliki yang dapat Anda baca untuk informasi lebih lengkap mengenai Skabies.

Segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis kulit agar dapat ditentukan bahwa keluhan Anda adalah benar benar skabies.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga dapat membantu. (AK)

Salam,